Senin, 25 Desember 2023

Struktur Data Tumpukan dalam Persoalan Sehari-hari

Sahabat semuanya…pasti kita semua pernah mengalami persoalan dengan tumpukan data, baik itu tugas sekolah, tugas kantor ataupun tugas pribadi. Struktur data merupakan suatu cara untuk mengorganisasi dan menyimpan data agar dapat diakses dan diolah dengan efisien. Salah satu struktur data yang umum digunakan adalah tumpukan atau stack. Bagaimana konsep struktur data tumpukan yang digunakan untuk menyelesaikan persoalan sehari-hari ? Langsung pantengin artikelnya di bawah ini ya…

Apa itu Struktur Data Tumpukan?

Tumpukan adalah struktur data yang mengikuti prinsip Last In, First Out (LIFO). Artinya, elemen data yang terakhir dimasukkan ke dalam tumpukan akan menjadi yang pertama keluar. Analoginya, bayangkan tumpukan buku di atas meja, di mana buku terakhir yang diletakkan di atas tumpukan adalah yang pertama dapat diambil.


1. Antrian di Tempat Pembelian

Bayangkan Anda berada di tempat pembelian tiket bioskop atau kendaraan umum. Pada umumnya, orang yang datang terakhir akan dilayani terlebih dahulu. Inilah konsep tumpukan dalam aksi. Orang yang tiba terakhir menjadi "top" dari tumpukan antrian dan dilayani lebih dahulu sebelum orang-orang yang telah menunggu lebih lama.


Tumpukan Antrian di Tempat Pembelian

Baca Juga : Pengertian Berpikir Komputasional Dan Keajaiban Logika Mesin

2. Undo pada Perangkat Lunak

Dalam aplikasi perangkat lunak, terutama yang melibatkan pengeditan atau perubahan, konsep tumpukan sering digunakan dalam fungsi undo. Setiap kali Anda melakukan perubahan pada dokumen atau proyek, informasi perubahan tersebut ditambahkan ke dalam tumpukan. Jika Anda ingin mengembalikan perubahan, sistem akan mengambil data dari tumpukan tersebut dengan prinsip LIFO.

3. Kasir di Supermarket

Pada kasir supermarket, barang-barang yang Anda beli diurutkan dan diproses satu per satu. Setiap barang yang diproses dimasukkan ke dalam tas, membentuk tumpukan barang di atas meja kasir. Ketika selesai, barang-barang tersebut diambil dari tumpukan dan ditempatkan ke dalam tas Anda, mengikuti prinsip tumpukan.

4. Pelacakan Panggilan Telepon

Dalam situasi panggilan telepon, ponsel Anda menggunakan struktur data tumpukan untuk melacak panggilan yang masuk. Panggilan terakhir yang diterima akan ditampilkan sebagai "top" panggilan masuk, dan Anda dapat mengakses atau menghapus panggilan tersebut sebelumnya.

5. Penyusunan Buku di Rak

Di perpustakaan atau rak buku pribadi, konsep tumpukan terlihat dalam penyusunan buku. Buku yang terakhir dibaca atau dibeli ditempatkan di atas tumpukan, dan saat Anda ingin membaca lagi, buku yang paling atas diambil terlebih dahulu.


Tumpukan buku di rak

Baca Juga : Struktur Data Antrian Untuk Solusi Efisien dalam Persoalan Sehari-hari

Kesimpulan

Struktur data tumpukan memiliki aplikasi yang luas dalam kehidupan sehari-hari, tidak hanya terbatas pada dunia pemrograman. Pemahaman konsep ini dapat membantu kita lebih efisien dalam mengelola informasi dan tugas-tugas sehari-hari, serta memberikan perspektif yang menarik tentang bagaimana komputer menyusun dan mengakses data. Setelah membaca artikel ini semoga sahabat semuanya dapat lebih memahami konsep struktur data tumpukan agar dapat dimanfaatkan untuk menyelesaikan persoalan sehari-hari.

0 comments:

Posting Komentar