Rabu, 13 Desember 2023

Jenis Multimedia & Kategori Multimedia

Sahabat semuanya...setelah di postingan yang lalu saya menyampaikan tentang Definisi Multimedia & Sejarah Multimedia, maka di postingan kali ini adalah kelanjutan dari materi sebelumnya. Artikel ini akan membahas tentang Jenis Multimedia & Kategori Multimedia. Yuk... langsung aja pantengin sampai habis. 

Kategori Multimedia


Multimedia Non Interaktif / Linier

Suatu multimedia yang tidak dilengkapi dengan alat pengontrol yang dapat dioperasikan oleh pengguna, sehingga pengguna tidak dapat memilih apa yang dikehendaki untuk proses selanjutnya.

Contoh : Menonton film di bioskop (saat nonton film di bioskop kita tidak bisa mengulang adegan / mempercepat adegan film khan, terus saat mau ke toilet film nya kita pause dulu, ya gak bisa lah...)


Multimedia Linier


Multimedia Interaktif
Suatu multimedia yang dilengkapi dengan alat pengontrol yang dapat dioperasikan oleh pengguna, sehingga pengguna dapat memilih apa yang dikehendaki untuk proses selanjutnya.

Contoh : Multimedia pembelajaran interaktif, aplikasi game, internet, dll. ( nah kalo yang ini, bisa kita kendalikan sesuai kemauan kita)


Multimedia Interaktif



Bagaimana Sebuah Sistem Bisa Disebut Sebagai SISTEM MULTIMEDIA ?

1. Kombinasi Media

Jika kedua jenis media tersebut (kontinu/diskrit) digunakan, maka sistem tersebut disebut sistem multimedia. Contoh media diskrit : teks dan gambar, media kontinu adalah audio dan
video.

2. Independence

Aspek utama dari berbagai jenis media adalah keterkaitan di antara mereka. Suatu sistem dikatakan sistem multimedia apabila tingkat ketergantungan/konektivitas antar medianya rendah.

3. Computer-supported Integration

Sistem harus mampu melakukan pemrosesan yang dikendalikan komputer. Sistem dapat diprogram oleh pemrogram/pengguna sistem.

 

Sistem Multimedia dapat dibagi menjadi :


Sistem Multimedia Stand Alone

Dengan ruang penyimpanan minimal (hard drive, CD-ROM/DVD-ROM/CD-RW/DVD-RW), perangkat input (keyboard, mouse, pemindai, mikrofon), dan output (speaker, monitor, proyektor LCD) sistem komputer multimedia ). VGA dan kartu suara.

Sistem Multimedia Berbasis Jaringan

Sistem ini harus terhubung melalui jaringan bandwidth tinggi. Perbedaannya adalah mereka berbagi sistem dan mengakses sumber daya yang sama. Contoh: video converence dan video broadcast.


Jenis Multimedia

Teman-teman...ternyata Multimedia itu banyak banget jenisnya, contohnya ada di bawah ini :


Multimedia Hiperaktif

Multimedia jenis ini mempunyai struktur dengan elemen terkait yang dapat dikontrol oleh pengguna melalui link ke elemen multimedia yang ada. Contoh: World Wide Web, situs web, mobile banking, game online, dll. 

Multimedia Interaktif

Pengguna memiliki kendali penuh atas elemen multimedia mana yang ditampilkan atau dikirim dan kapan. Contoh: permainan, CD interaktif, program aplikasi, virtual reality, dll.

Multimedia Linear / Squential

Multimedia jenis ini dapat dilihat di semua jenis film, video tutorial, dll. Multimedia linier terjadi tanpa kontrol navigasi pengguna. Contoh: Movie/film, e-book, musik, siaran TV.


Multimedia Pembelajaran Mandiri

Merupakan software pembelajaran yang dapat digunakan siswa secara mandiri tanpa bantuan guru. Termasuk kemampuan penilaian untuk latihan, ujian, dan simulasi, termasuk fase pemecahan masalah. Contohnya Macromedia Authorware atau Adobe Flash.

Hypermedia

Dokumen pembelajaran berurutan terdiri dari teks,audio,informasi visual dan disimpan dalam komputer. Contohnya adalah mempelajari cara menggunakan link pada sebuah website.

Media Interaktif

Sistem ini merupakan sistem pembelajaran yang direkam visual. Suara dan bahan video disajikan di bawah kontrol komputer. Pengguna tidak hanya melihat dan mendengar gambar dan suara tetapi juga membuat tanggapan aktif.


  VIRTUAL REALITY

Adalah media yang dapat disimulasikan di dunia nyata. Keunggulannya adalah dapat menggambarkan berbagai jenis aplikasi dengan sangat detail dan mendekati kenyataan.


Jenis Multimedia

0 comments:

Posting Komentar